Monday, October 1, 2012

6 Tips jitu cara mengelola toko online anda

Cara tepat mengatur bisnis online agar berjalan lancar dan berhasil perlu prinsip. Faktor-faktor mulai dari jenis usaha hingga konsumen menunjang masa depan bisnis online Anda.

Berikut adalah keenam tips dalam mengelola bisnis online:

  1. Jenis Usaha
    Jenis usaha apa yang bisa mendatangkan uang harus Anda tentukan di awal. Contohnya menjual produk, jasa, informasi, iklan atau menjalankan produk orang lain. Penekanan bisnis yang bagaimana juga perlu Anda pertimbangkan mengingat luasnya persaingan. Harga, kualitas, servis, atau selling point yang Anda utamakan pada bisnis Anda.
  2. Nama Komersil
    Pilihlah nama yang mudah diingat namun tetap mencirikan bisnis Anda. Nama domain Anda yang dikenal di dunia maya harus mudah diucapkan dan sebisa mungkin mencerminkan bisnis Anda. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah mengingatnya dalam menuliskan di browser mereka.
  3. Sewa Tempat
    Cara membuat, mendesain, memasang website di internet banyak ditawarkan informasinya oleh beragam perusahaan web. Bagi Anda yang ingin membuat website sendiri, ikutilah langkah sederhana berikut:
    1) Buat sebuah file yang biasanya ber-extention html. Setelah selesai, upload file tersebut ke webserver.
    2) Selesai upload ke web server, kemudin tentukan nama domain Anda, misalnya www. namaanda.com yang akan mengarah pada file Anda di webserver. Waluapun Anda juga bisa menyewa jasa orang lain.
    3) Saat ini banyak templete website ataupun blog di internet yang semakin memudahkan Anda membuat website secara cepat dan instant, misalnya blogsopt.com atau wordpress.org.
    4) Tak kalah penting, Anda harus memilih web host untuk menempatkan website Anda jadi ‘tuan tanah’ alias pemilik domain terpercaya. Anda tentunya tidak ingin kehilangan pelanggan karena ‘toko’ Anda sering ditutup dalam rangka perbaikan bukan (Underconstruction).
    Web host yang bagus menawarkan jaminan selalu buka, bisa mengatasi traffic pengunjung yang padat, menjawab pertanyaan Anda secara realtime online alias mudah dihubungi setiap saat.
  4. Toko Segala Ada
    Seperti halnya pada toko offline, orang tentu akan mendesain semenarik mungkin dan memudahkan konsumen dalam menemukan apa yang mereka cari. Buatlah toko Anda menjadi tempat yang menyenangkan untuk dijelajahi. Fasilitas search engine (mesin pencari) bisa Anda tambahkan untuk kemudahan konsumen. Image produk yang Anda jual harus tergambarkan pada desain website. Fasilitas tambahan seperti pengecekan barang, pembayaran melalui kartu kredit atau debet (transfer), pengembalian barang jika ada kerusakan, tentu akan membuat konsumen merasa puas dan nyaman.
  5. Gencar Promosi
    Website Anda ingin banyak pengunjung? langkah promosi harus Anda lakukan guna memperkenalkan bisnis online Anda. Misalnya, memasukkan web ke search engine, berpromosi di iklan baris dan undang orang lain untuk masuk ke web Anda. Bisa juga dengan saling bertukar banner dengan web lain atau dengan membeli space banner di web yang banyak pengunjung. Jika ingin gratisan, cukup tulis alamat web di signature setiap mengirim e-mail. Atau Anda bisa ikutan aktif dalam grup diskusi atau forum dengan tak lupa menulis web signature Anda.
  6. Puaskan Pelanggan
    Customer service yang bagus tentu terdapat pada setiap toko yang sukses. Agar toko online Anda bisa memuaskan konsumen atau pelanggan, berika berbagai fasilitas berupa informasi online, menjawab pertanyaan dengan cepat, cara pemesanan da pembayaran mudah, pengiriman cepat dan menerima pengembalian barang yang tidak sesuai pesanan. Informasi dan barang harus selalu update, mempercantik website dan selalu memperhatikan dari mana saja para pengunjung ini datang, serta apa saja yang mereka lakukan dengan website Anda.

ClubOn, pelajari juga tentang pakar digital marketing untuk bisnis online agar Anda semakin terampil mengelola bisnis online.

http://www.tdwclub.com

0 komentar:

Post a Comment